3 Aplikasi Android Untuk Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris
Sebagai orang Indonesia, Bahasa Inggris mungkin terasa sulit untuk dimengerti. Sebagian besar dari kamu saat ini menggunakan smartphone atau tablet untuk menulis, membaca. Terkadang, mungkin kamu menemukan istilah dalam Bahasa Inggris yang belum pernah kamu dengar sebelumnya dan tidak kamu ketahui artinya.

Cara belajar bahasa inggris selain menggunakan Google Translate, kamu juga bisa menggunakan salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang bisa dengan mudah kamu akses melalui smartphone kamu.
  1. Merriam-Webster Merriam-Webster merupakan kamus Bahasa Inggris yang sudah cukup dikenal yang pertama kali dibuat pada tahun 1828 dan menjadi salah satu kamu Bahasa Inggris yang paling terpercaya. Aplikasi Merriam-Webster untuk Android memiliki fitur pengenalan suara (speech recognition) yang dapat mengartikan kata-kata dalam bahasa Inggris yang kamu ucapkan. Selain itu, kamus ini juga menyediakan panduan pelafalan untuk setiap kata yang ada. Selain itu, kamu bisa menggunakan Merriam-Webster tanpa harus online sehingga bisa dengan mudah kamu gunakan tanpa harus ada koneksi internet. Ditambah lagi, Merriam-Webster juga memberikan penyegaran dengan adanya word of the day yang membuat kamu belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.
  2. Dictionary.com Penggunaan font pada aplikasi ini terasa sangat cocok untuk perangkat Android 4.0 keatas. Selain itu, Dictionary.com juga menawarkan fitur yang lebih lengkap daripada Merriam-Webster. Word of The Day juga merupakan fitur unik yang ada dalam aplikasi Dictionary.com ini. Selain itu, terdapat slideshow, blog bahasa dan juga fitur untuk mengetahui kata apa yang dicari oleh orang lain. Selain itu, terdapat navigasi sidebar. Meski sebagian menu pada sidebar sebenarnya bisa kamu akses pada halaman utama, fitur ini cukup untuk memudahkan navigasi. Dictionary.com menawarkan fitur widget untuk homescreen perangkat kamu yang menampilkan word of the day dan memudahkan kamu untuk mencari kata dalam kamus. Meski terlihat lebih modern, Dictionary.com memiliki kekurangan dibandingkan Merriam-Webster, yaitu mode offline. Tentu saja, hal ini tergantung pilihan kamu, namun menurut saya mode offline adalah fitur yang penting dan memudahkan dalam penggunaan.
  3. Ginger’s Grammar & Spelling Keyboard Kedua kamus diatas dapat membantu kamu membaca artikel dan tulisan atau mencari arti kata yang tidak kamu mengerti. Ginger’s Grammar & Spelling Keyboard adalah aplikasi keyboard yang memiliki fitur spell checker yang akan membantu kamu dalam penulisan kata Bahasa Inggris yang baik dan benar. Selain membetulkan penulisan huruf yang salah dalam sebuah kata, aplikasi ini juga dapat memastikan kamu menulis menggunakan grammar yang benar. Kamu bisa melakukan koreksi pada masing-masing kata melalui pilihan yang ada, atau langsung mengkoreksi banyak kata sekaligus. 


Aplikasi Bahasa Inggris diatas bukanlah aplikasi kamus penerjemah ke Bahasa Indonesia, sehingga kamu akan terdorong untuk membaca pengertian sebuah kata dalam bahasa Inggris yang nantinya bisa membantu kamu untuk secara perlahan belajar Bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan.

0 comments