Cara Berhenti Merokok Dengan Mudah

cara berhenti merokok
Berhenti merokok bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan mudah, terutama apabila kita sudah masuk ke tahap kecanduan selama bertahun-tahun. Akan tetapi apabila kita memiliki niat yang kuat dalam mencoba aneka cara berhenti merokok di bawah, bukan tidak mungkin bahwa kecanduan yang kita alami dapat berkurang atau bahkan hilang sepenuhnya. Berikut adalah beberapa yang bisa kita coba.

  1. Pertama, akan sangat baik apabila kita memulai untuk berhenti merokok atas dasar keinginan dari diri sendiri. Motivasi yang diberikan oleh diri sendiri akan dapat mendorong kita untuk lebih giat dalam mengurangi konsumsi rokok sehari-hari.
  2. Fokuslah pada manfaat mengurangi rokok. Mengurangi rokok memiliki beragam manfaat, mulai dari gaya hidup yang lebih sehat hingga menghemat biaya karena tidak lagi membeli rokok setiap hari. Manfaat mengurangi rokok selanjutnya adalah untuk keluarga serta lingkungan sekitar, di mana tidak akan ada lagi asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan.
  3. Untuk mulai berhenti merokok, tetapkanlah tanggal pasti kapan kita akan memulainya. Walaupun akan ada rasa stres serta berbagai hambatan, namun dengan niat yang kuat kita pasti dapat mencoba meninggalkan rokok perlahan-lahan. Usahakan pula untuk tidak menunda-nunda tanggal yang telah dibuat.
  4. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat dan juga pasangan. Agar mendapat dukungan yang semakin besar, kita dapat mengajak perokok aktif lain untuk berhenti merokok secara bersama-sama.
  5. Jika perlu, jalani pengobatan medis dengan berkonsultasi pada dokter. Dokter biasanya akan memberikan NRT atau terapi pengganti nikotin berupa tablet hisap.
  6. Cara berhenti merokok selanjutnya adalah dengan menggerakkan tubuh yang terbukti dapat membantu dalam mengalihkan perhatian terutama ketika hasrat ingin merokok mulai muncul.
  7. Selalu  menyiapkan makanan ringan atau camilan juga dapat bermanfaat dalam mengurangi munculnya hasrat untuk merokok. Kunyah permen karet guna menekan hasrat ingin merokok.
  8. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok dan katakan tidak pada rokok. Banyak perokok yang berjanji untuk tidak lagi merokok namun mereka justru melanggarnya karena tidak konsisten dengan janjinya. Mungkin kita akan tergiur untuk merokok kembali dengan mengatakan “hanya sebatan saja tidak masalah”. Jauhkan pikiran tersebut karena dapat memicu kita untuk terus merokok kembali.
  9. Hindari pula kegiatan yang kadang akan membuat kita mengonsumsi rokok. Seperti minum kopi, alkohol, mendatangi acara di malam hari dan lain sebagainya.


Menyibukkan diri sendiri juga dapat menjadi cara lain agar kita bisa menghentikan kebiasaan merokok. Beragam cara berhenti merokok di atas akan terasa berat pada awalnya. Namun dengan melakukannya secara rutin dan teratur, bukan tidak mungkin kebiasaan merokok dapat hilang sepenuhnya. Demikian semoga uraian mengenai langkah-langkah dalam berhenti merokok di atas dapat bermanfaat. 

0 comments