Cara Sederhana Menghilangkan Zat Kapur Pada Air Sumur di Rumah

menghilangkan zat kapur pada air sumur
Air tanah memang memiliki karakteristik yang berbeda apabila dibandingkan dengan air pada permukaan sungai. Air tanah dapat memiliki kandungan aneka mineral yang cukup tinggi, salah satunya adalah kapur. Kandungan kapur dalam air tanah ini terbilang cukup mengganggu. Kita bisa menerapkan aneka cara sederhana menghilangkan zat kapur pada air sumur di bawah ini.

  1. Pertama, lakukanlah oksidasi dengan menggunakan kaporit. Penambahan kaporit bertujuan untuk mengoksidasi zat besi dan membunuh kuman. Bahan oksidasi yang kuat di antaranya adalah chlorine, CI 2 serta ion hikoklorit atau OCI.
  2. Kedua, gunakanlah filter pasir serta saringan. Mangan zeolit yang berasal dari tangki reaktor akan dapat dialirkan menuju filter multi media dengan isian pasir silika. Fungsi dari pasir silika ini adalah menyaring padatan dalam air. Sedangkan mangan zeolit memiliki fungsi dalam menghilangkan mangan atau zat besi yang belum teroksidasi oleh kaporit.
  3. Selain menggunakan kedua filter di atas, kita juga bisa menggunakan filter karbon aktif. Fungsinya adalah menghilangkan polutan berukuran mikro seperti zat organik, bau, deterjen, senyata fenol dan lain-lain. Pada saringan ini akan terjadi proses adsorpsi, yakni sebuah proses di mana zat terserap oleh permukaan pada arang aktif. Arang harus segera diganti apabila sudah jenuh dan tidak bisa menyerap zat lagi.
  4. Cara sederhana menghilangkan zat kapur pada air sumur berikutnya adalah dengan menggunakan cartridge filter. Cartridge filter digunakan apabila air telah disaring menggunakan penukar ion atau softener. Selanjutnya air akan dialirkan lewat cartridge filter guna menghilangkan kekeruhan dalam air yang mungkin masih ada. Air yang keluar dari filter ini sudah pasti jernih karena bisa menyaring padatan hingga ukuran nol koma lima mikron.
  5. Selanjutnya dapat digunakan pula sterilisator ultra violet. Dalam tahap ini, semua mikroorganisme serta bakteri akan dibunuh secara sempurna. Air yang dihasilkan oleh sterilisator ini berupa air olahan serta dapat langsung dikonsumsi.
  6. Dapat juga dilakukan pembersihan dengan menggunakan reaksi penghilangan besi serta mangan. Filtrat dengan kandungan ferri oksida serta mangan dioksida akan dipisahkan dengan penyaringan serta pengendapan. Selama berlangsungnya proses, kemampuan reaksinya akan semakin berkurang serta akhirnya menjadi jenuh.
  7. Menjernihkan air sumur yang mengandung kapur terutama dapat dilakukan dengan menggunakan ozon generator.  Proses sterilisasi akan semakin sempurna berkat injeksi dari ozon yang dihasilkan ozon generator ini.


Demikian adalah beberapa langkah yang bisa kita tempuh dalam menjernihkan air sumur yang mengandung kapur. Semoga beberapa cara sederhana menghilangkan zat kapur pada air sumur di atas dapat bermanfaat bagi kita dalam mendapatkan air sumur yang lebih bersih dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

1 comments:

Terima kasih informasinya.. tapi sy mau bertanya bagaimana mengakali agar Air PDAM bisa digunakan menyiram tanaman ya? salam


kunjungi juga
Kebuners

Balas