Penjelasan Mengenai Cara Sederhana Menghilangkan Zat Kapur pada Air Sumur

cara menghilangkan zat kapur pada air sumur
Cara sederhana menghilangkan zat kapur pada air sumur Air merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang tak akan pernah habis jumlahnya. Demi menjaga kelangsungan makhluk hidup, kualitas air harus dijaga kebersihannya. Jika diperhatikan dengan lebih teliti, air yang bersumber dari dalam tanah dengan air yang berasal dari sungai memiliki karakter air yang berbeda-beda.

Air tanah terlihat sangat jernih dan mengandung mineral-mineral tinggi akibat batuan-batuan yang dilaluinya. Air tanah dapat dilihat melalui sumur-sumur yang ada di lingkungan kita. Kualitas dari air tanah yang berada di dalam sumur dipengaruhi oleh lingkungan. Kandungan kapur yang berada di dalam air sumur merupakan salah satu jenis permasalahan yang sering muncul. Air sumur yang mengandung kapur tentunya tidak dapat digunakan sebagai air minum.

Untuk menghilangkan kandungan kapur di dalam air sumur, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Cara-cara tersebut tergolong mudah dan sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini merupakan cara sederhana menghilangkan zat kapur pada air sumur :

  • Menggunakan Bubuk Kaporit, Kaporit mampu mengoksidasi mangan dan membunuh kuman yang berada di air sumur. Proses oksidasi mangan pada kaporit inilah yang membuat kandungan zat kapur pada air sumur dapat berkurang.
  • Filter dengan menggunakan pasir silika, Pasir silika dapat menyaring zat kapur yang berada di dalam air. Ketika menggunakan pasir silika pengguna diharapkan menyertakan saringan untuk menampung pasir silika tersebut.
  • Penggunaan ozon generator, Air yang mengandung zat kapur dapat disaring dengan menggunakan ozon generator. Air hasil penyaringan ozon generator dapat langsung dihubungan dengan pipa dan dapat digunakan sebagai sumber air minum.
  • Penyaringan dengan karbon, Karbon memiliki manfaat yang baik dalam menyerap mineral yang terdapat di dalam air. Tidak hanya mampu menyerap kandungan besi saja, karbon juga mampu menyerap zat besi yang berada di dalam air sumur.
Kaporit dan karbon merupakan alat penghilang zat kapur yang mudah ditemukan. Berbeda dengan pasir silika dan ozon generator. Anda hanya dapat menemukan alat-alat tersebut pada tempat khusus yang menjual peralatan tersebut. Dari semua jenis benda yang dapat digunakan sebagai penghilang zat kapur, penggunaan kaporit dan karbon merupakan cara penghilang zat kapur yang mudah. Hanya dengan membubuhinya ke dalam air sumur, kandungan kapur yang berada di dalam air dapat berkurang dan hilang.

Anda juga tidak perlu mengeluarkan dana berlebih hanya untuk mendapatkan kedua bahan tersebut. Untuk mendapatkan kualitas air sumur yang baik, tidak ada salahnya Anda mengikuti cara sederhana menghilangkan zat kapur pada air sumur tersebut. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, Anda akan memiliki air sumur yang patut digunakan sebagai sumber air minum.


This Is The Oldest Page

1 comments:



This Is The Oldest Page